Tuesday, June 14, 2011

Plan Design Management System piping-tra

  1. Konsep dasar Routing Pipe di PDMS
Kembali kita ingatkan bahwa database PDMS tersusun secara sederhana dan berurutan berdasarkan Hierarchy. 

  
Hierarchy dari design pemipaan tersebut diatas setiap member dari pipe mempunyai nomor branch pada masing create branch berurutan berdasarkan nomor 1-2- dan seterusnya.
Di branch tersebut ditempatkan element/ komponen pipe seperti, Tube (pipe), Gasket, Flange, Elbow, Reducer dll.

Apa perbedaan antara Pemipaan dan Pencabangan adalah cabang (branch) hanya memiliki dua point titik yaitu: Point Head dan Point Tail. Sedangkan pemipaan (Pipework) mempunyai beberapa titik akhir tergantung dari berapa banyak create branch yang dimiliki (artinya branch adalah member dari Pipe).

Berikut digambarkan ilustrasi pemipaan dengan 3 titik akhir dan 2 Branch, dimana pencabangan /branch yang kedua terkoneksi dengan point 3 dari Tee element branch dari branch satu
Gambar tersebut memberikan penjelasan dari aturan bahwa setiap pencabangan hanya mempunyai dua titik akhir yaitu head dan tail dari branch satu ini di attach lah komponennya seperti tee.
Komponen tee yang mempunyai titik point P1, P2, and P3 pada point P3 ini pencabangan dimulai.Ini adalah sebuah konsep yang sederhana yang memiliki beberapa konfigurasi pemipaan yang akan dibangun dan form dasar dari semua PDMS pipework yang akan dihubungkan.
            2. Spesifikasi Pemipaan
Secara aplikasi semua komponen yang akan digunakan didalam PDMS harus ditentukan di catalog dan di tempatkan didalam spesifikasi.
Sebenarnya Spesifikasi ini dibuat berdasarkan aturan masing –masing perusahan /company dan jelas akan berbeda satu dengan yang lain.
Didalam PDMS Latihan spesifikasi pipe didefine ada 3 spect adalah:
  1. A1A-TRA (ANSI/ASME Class 150 Carbon Steel)
  2. A3B-TRA (ANSI/ASME Class 300 Carbon Steel)
  3. F1C-TRA (ANSI/ASME Class 150 Stainless Steel 

    3. Branch Head dan Branch Tail
Pencabangan Pipe dijalankan dengan tujuan:
Untuk menentukan titik start dan finish dari suatu jalur pemipaan (dalam PDMS disebut Head dan Tail) dan menempatkan element /component dari pipe itu sendiri. .
Semua pencabangan perlu memiliki point Head dan Point Tail, head dan tail diset melalui rangkaian attribute-attribute yang dimiliki didalam element-element pencabangan.
Berikut contoh ilustrasi Pencabangan yang terbentuk dari Head dan Tail.



Pencabangan Pipe di PDMS di buat 2 jenis :
  1. Create Branch >> connect
  2. Create Branch >> Explicitly
Branch Connect digunakan untuk pemipaan yang menghubungkan secara point to point Nozzle equipment terhadap yang lainnya atau Nozzle terhadap piping Component yang lainnya.
Sedangkan Branch Explicitly digunakan untuk pemipaan yang tidak mempunyai point to point contoh pemipaan di atas Rack yang Head dan Tailnya perlu diberikan spesifikasi dari tiap –tiap keterangan attribute [bore, connection, position dan direction]. 

  1. Skenario Routing Pipe
Sebelum kita menentukan Point Head dan Point Tail minimal kita sudah bisa membuat skenario routenya akan kemana kita buat jalur pipe tersebut berdasarkan design Philosophy.

Berikut contoh skenario route tersebut


 

No comments: